Sunday 19th August 2018

Aksi Sapta Pesona dan Gerakan Sadar Wisata digelar di Kab. Banjar

SUARA BANUA. Martapura-Kementrian Pariwisata difasilitasi oleh Pemkab Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Rabu (12/4/2017) menggelar gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona di salah satu Destinasi Wisata Religi yang bertempat di Kelampaian,Martapura Kabupaten Banjar.

Kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona Kabupaten Banjar ini dibuka langsung oleh Sekretaris Disbudpar I Gusti Made Suryawati, S.sos, MM, mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

I Gusti Made Suryawati, S.sos, MM mengatakan, “dari Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, diharapkan kelompok sadar wisata mampu mewujudkan Sapta Pesona, yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Kenangan yang dimaksud adalah kenangan yang tidak pernah dilupakan setiap berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Banjar”.Ungkapnya.

“Disamping itu juga untuk mendorong masyarakat agar berpartisipasi menciptakan lingkungan yang kondusif, dan bisa mengimplementasikan sapta pesona. Selain itu kita harus sama-sama mempromosikan apa saja potensi wisata di daerah kita,” tutupnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Perwakilan Kementrian Pariwisata RI Yabez L. Tosia, Anggota DPR RI (Komisi X) Dr. H. Zainul Arifin Noor, SE, MM dan Kabid Destinasi Dinas Provinsi Kalsel Ida Saptika Dewi, SE, MM, Camat Astambul, Kapolsek Astambul dan sejumlah pejabat lainnya.

Perwakilan Kementrian Pariwisata RI Yabez L. Tosia dalam sambutannya mengatakan ”Kegiatan ini merupakan kampanye gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona, agar masyarakat yang berkunjung kesini sadar, dan Pordakwis-nya bisa membantu mensosialisasikan,” jelasnya.

”Kami berharap kelompok sadar wisata lebih meningkatkan kreatifitas, sehingga memberikan manfaat bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banjar atau khususnya ke objek wisata Kelampaian” pungkasnya.

Dari kegiatan ini di lakukan penyerahan secara simbolis Tong Sampah, Sapu Lidi dan Serokan Sampah Kepada Para Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dimana dalam kegiatan itu diikuti sebanyak 200 orang peserta, yang terdiri dari unsur Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Para Pedagang sekitar objek wisata dan juga Komunitas terkait.

Dalam kegiatan ini, Pihak Kementrian juga memberikan materi tentang Kebijakan Nasional Pariwisata Indonesia oleh Yabes L. Tosia, Dr. H. Zainul Arifin Noor, SE, MM, Ida Saptika Dewi, SE, MM, I Gusti Made Suryawati, S.sos, MM sebagai Narasumber sesi ini juga diikuti tanya jawab antara para peserta dan narasumber.

Dan dilanjutkan dengan pembentukan Kelompok para peserta dibagi menjadi tujuh kelompok dengan nama kelompok sesuai dengan Sapta Pesona yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan, masing-masing kelompok mendiskusikan setiap permasalahan sesuai nama kelompok, kemudian setiap kelompok mempersentasikan kepada kelompok yang lain tentang permasalahan dan solusinya.

Kegiatan inipun diakhiri dengan aksi sapta pesona yaitu bersih-bersih dilokasi sekitar objek wisata religi Makam Datu Kalampaian, seluruh peserta, narasumber dan juga seluruh panitia.(RAH)

No Responses

Tinggalkan Balasan