Wednesday 20th June 2018

Bupati Sidak Disdukcapil

Bupati Banjar H. Khalilurrahman lakukan sidak pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Banjar (foto: Istimewa)

SUARABANUA.COM, MARTAPURA- Bupati Banjar H. Khalilurrahman melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelayanan perekaman KTP-el, akta kelahiran dan surat–surat kependudukan lainnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, Selasa (10/4/2017) pagi.

Sesampainya disana langsung berinteraksi dengan masyarakat yang antri. Bupati Banjar menanyakan terkait pelayanan. “Dari jam berapa tadi antri. Tunggu saja nanti juga pasti dipanggil,” pinta Guru Khalil, panggilan akrab Bupati Banjar H. Khalilurrahman.

Diantara yang antri, ada warga sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.30 WITA. Per harinya, Disdukcapil melayani ratusan warga masyarakat.

“Kalau bisa pelayanan kita agar dipercepat supaya masyarakat lebih banyak terlayani,” tutur Bupati Banjar kepada Kadisdukcapil Azwar, yang menyambutnya saat sidak.

Bupati Banjar meminta Kepala Disdukcapil supaya bisa memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP-el dan akta kelahiran secara maksimal. Sebab KTP-el merupakan data identitas yang paling diutamakan.

“Data di capil ini paling akurat karena dari seluruh status pekerjaan bisa ditemukan. Makanya data capil ini perlu dimaksimalkan,” terangnya.

Menanggapi permintaan Bupati, Kadisdukcapil Kab. Banjar, Azwar, menyampaikan, pelayanan dokumen kependudukan sudah menerapkan One-Day Service (Pelayanan Satu Hari Selesai), dengan catatan semua berkas/dokumen persyaratan lengkap, benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ditambahkan pula, kondisi kantor/tempat pelayanan di Disdukcapil sekarang ini dirasakan kurang representatif, seperti letak kantor yang berada di tengah pemukiman, jalan raya kecil, tempat parkir yang sempit/tidak memadai, sehingga diharapkan ada perbaikan atau relokasi gedung kantor ke tempat yang lebih baik.

Kadisdukcapil Kab. Banjar, Azwar juga menginformasikan bahwa blangko KTP-El sudah tersedia kembali di pusat sebanyak 7.000.000 keping dan sekarang ini sudah memasuki tahapan distribusi ke kabupaten/kota dengan mekanisme pengambilan secara terjadwal.

Kabupaten Banjar mendapatkan jadwal pengambilan pada 19 April 2017 dengan jatah sebanyak 10.000 keping.
“Dipastikan pencetakan dan penerbitan KTP-El akan lancar kembali,” janjinya.

Keakuratan data penduduk pun sudah lebih terupdate, sehingga bisa meminimalisir terbuangnya blangko yang tercetak karena data yang tidak akurat.

Oleh karena itu, diharapkan peran aktif penduduk untuk memperbaharui datanya kembali agar data penduduk yang siap cetak tadi tercetak pada KTP-El benar-benar akurat.

Di samping penerbitan KTP-El, lanjut Azwar, juga dilaksanakan perekaman data KTP-El keliling (mobile enrollment) langsung di beberapa desa/kelurahan, sehingga target perekaman sampai sekarang sudah mencapai 93%. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan perekaman data KTP-El keliling ke SMA/SMK yang ada di Kabupaten Banjar.

Kemudian Azwar melanjutkan, bahwa untuk Penerbitan Akta Kelahiran, Disdukcapil sudah gencar melakukan pelayanan jemput bola keliling ke desa-desa, di antaranya Desa Hakim Makmur, Rantau Nangka dan Kahelaan (Kecamatan Sungai Pinang), dan di Desa Aluh-Aluh Kecil Muara (Kecamatan Aluh-Aluh).

“Target Pencapaian dari Penerbitan Akta Kelahiran dikhususkan untuk Anak yang berusia 0-18 tahun, karena merupakan syarat utama untuk pelaksanaan Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) yang tentunya sangat menunjang dalam pelaksanaan terwujudnya Kabupaten Banjar sebagai Kota Layak Anak,”pungkasnya. (Rad)

No Responses

Tinggalkan Balasan