Friday 22nd June 2018

Simak, Ini Yang Akan Mengawal Jalannya Haul

MARTAPURA SB – Enam ribu relawan siap diterjunkan menyukseskan Haul ke-12 Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghoni. Tugasnya beragam mulai mengarahkan arus datang dan balik, konsumsi, hingga parkir.

Relawan juga dilengkapi identitas diri beserta foto ID Card mencegah kebingungan karena sulit membedakan jemaah dan panitia haul. “Minggu depan kami diundang Dishub membicarakan rekayasa lalu lintas, lengkap dengan peta arus datang dan balik. Supaya pergerakan jemaah lebih teratur,” terang Khulaifi, relawan Haul Guru Sekumpul.

Panitia haul dari PD Pasar Bauntung Batuah, Ahmad Syarif, menjelaskan bahwa pihaknya juga menyiapkan areal parkir roda dua dan empat bagi jemaah haul. Tempatnya di Pertokoan Pasar Sekumpul atau PPS. Sedangkan di depan PD peruntukannya khusus roda 2. ”Bagi jemaah yang ingin menginap, kami juga siapkan 40 unit toko,” sebutnya.

Haul Guru Sekumpul dilaksanakan hari Ahad, 2 April 2017 mendatang. Meski masih lama, persiapan sangat terasa di lapangan. Mulai pembersihan untuk membuka lahan parkir, hingga penentuan jalur pergerakan jemaah terus dimatangkan. Masyarakat di jalur yang akan dilewati peserta haul mulai mendirikan spanduk.

Ucapan selamat datang disampaikan lewat spanduk kepada jemaah lengkap dengan identitas yang mengucapkannya. Ucapan selamat datang jadi simbol penting bahwa warga Martapura sangat siap menjadi tuan rumah bagi peserta haul. Spanduk itu melintang di jalan Tanjung Rema, Kecamatan Martapura. Jalan ini termasuk akses penting menuju ke Musala Ar-Raudhah Sekumpul Martapura.

Spanduk identitas posko pun mulai hadir di beberapa lokasi. Posko ini hadir sebagai bentuk partisipasi aktif menyukseskan haul ulama kesayangan Banua tersebut. Namun ciri khas spanduk-spanduk melintang itu hanya ada tulisan selamat datang. Tidak dilengkapi foto atau atribut lain.

Warga sudah mengerti tentang larangan memajang foto guru di spanduk ucapan selamat datang. “Kami tidak melarang berdirinya spanduk ucapan selamat datang. Namun perlu dicatat, tidak boleh memasang foto Abah Guru di spanduk-spanduk. Apalagi memajang foto-foto keluarga beliau,” kata AR Salim, Koordinator Haul Guru Sekumpul.

Khulaifi menambahkan ada penambahan unit ambulan selain yang disiapkan pemerintah. Total 6 unit yang menyatakan diri bergabung. Sedangkan Pemkab berjanji menyiapkan 10 unit ambulan, termasuk keterlibatan 10 puskesmas se Kabupaten Banjar pada hari H. (SB-01)

No Responses

Tinggalkan Balasan