Friday 20th July 2018

Pemerintah Mana Pemerintah… 3 Tahun Anak Ini Menderita

 

SUARABANUA.COM, MARTAPURA – Kasihan Amelia, anak perempuan berusia 3 tahun yang mengidap penyakit Hidrosefalus warga RT 02 Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar masih belum tertangani secara maksimal.

Saat lahir pada 5 September 2014 lalu, anak dari pasangan  Sukriansyah (55) dan Mastawiyah (Almarhum) dalam kondisi normal. Namun, saat Amelia berusia 2 bulan baru diketahui menderita penyakit  Hedrosefalus, beberapa bulan kemudian setelah mengetahui penyakit yang diidap anaknya, Mastawiyah Meninggal dunia.

Sekarang, Amelia tinggal bersama ayah dan ibu tirinya Masriyah (45) dan kakaknya Muhammad Fahdiannor (5) di rumah kayu tanpa warna cat dengan dinding yang sudah mulai lapuk. Ayahnya yang biasa di panggil Sukri tidak memiliki pekerjaan tetap dan kadang hanya mencari kayu
bakar di hutan untuk dijual. Sementara Sukri bekerja, Amel dijaga Masriyah dan ditemani Fahdi yang baru masuk TK.

“Kadang-kadang saya hanya cari kayu bakar untuk dijual, itupun hasilnya masih tidak mencukupi untuk sehari makan sekeluarga. Apalagi untuk kebutuhan susu dan makanan untuk Amel,” ujarnya.

Selama 3 tahun, Amel belum mendapatkan penanganan yang serius.  Karena orang tuanya tidak memiliki biaya yang cukup. Selama ini Amel hanya mendapatkan pemeriksaan dari Puskesmas setempat.

Sukri mengungkapkan, sudah beberapa kali mengupayakan untuk pengobatan Amel di RSUD Ulin, namun masih belum bisa diwujudkan. “Saya pernah membawa Amel ke RS Ulin
Banjarmasin. Menurut dokter Amel harus dioperasi, namun karena kekurangan biaya jadinya Amel terpaksa saya bawa pulang,” ungkap Sukri.

Karena tidak mendapatkan penanganan, selama 3 tahun Amel hanya terbaring ditempat tidur, seharusnya anak seusianya sudah mampu berjalan. Sampai saat ini, Amel masih belum mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

Sukri berharap untuk masa depan Amel adanya bantuan operasi dan pengobatan agar anaknya bisa tumbuh sehat kuat seperti anak perempuan lainnya. (SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan