Wednesday 20th June 2018

Wow… Ditemukan Puluhan HP di Lapas

Ilustrasi (foto: sindonews.com)

BANJARMASIN, SB – Seiring dengan peningkatan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) membuat risiko masuknya barang terlarang ke dalam Lapas/Rutan patut diwaspadai.

Kemenkumham Kalsel terus menggalakkan Penggeledahan rutin pada Lapas/ Rutan di Kalsel setelah siangnya pada Rutan Kelas IIB Marabahan dan Rutan Kelas IIB Pelaihari dilakukan Penggeledahan, pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Martapura dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin dilakukan Kegiatan Penggeledahan Rutin untuk terus menjaga lingkungan blok hunian dan seisinya agar terbebas dari HALINAR (Hp,Pungli, dan Narkoba).

Menyadari hal itu, Kepala LPKA Martapura Tri Saptono Sambudji, memerintahkan jajarannya untuk melakukan razia malam rutin dan penggeledahan di blok hunian WBP.

Penggeledahan Rutin pada LPKA Martapura dipimpin oleh Kasie Urusan Pengawasan dan Penegakan Disiplin Gusti Iskandarsyah beserta seluruh staf LPKA dan dibantu petugas Rupbasan Klas I Banjarmasin yang langsung dibagi dalam beberapa tim.

Kedua Tim pun bergerak menuju blok 1 dan 2 langsung menyasar tiap kamar dan sekitarnya.
Kepala LPKA mengatakan bahwa razia dan penggeledahan pada kamar WBP akan terus diadakan baik secara rutin maupun insidentil. “Razia dan penggeledahan akan dilakukan secara terus menerus hingga lapas benar-benar steril dari Handphone dan narkoba,” katanya.

Tim 1 dan 2 menemukan sejumlah barang terlarang di beberapa kamar seperti handphone, batterai hp, alatcharger, benda tajam, sachet kecil hingga speaker aktif dan sebagainya.

Pemilik barang-barang hasil razia akan ditindak sesuai prosedur kemudian barang tersebut akan langsung dimusnahkan. “Setelah di data, seluruh benda-benda hasil razia akan dimusnahkan lalu dibuatkan berita acara,” kata Kasubsi Administrasi dan Penegakkan Disiplin, Syarifudin.

Sementara itu pada Lapas Banjarmasin sebanyak 24 petugas diturunkan untuk penggeledahan pada Blok D2 dan Ruang Bimker dengan hasil Hp 22 beserta kabel charge, headset 40 buah dan peralatan masak (SB-06/SB-01)

No Responses

Tinggalkan Balasan